Cara Meningkatkan Kinerja Iklan Kampanye Facebook

cara meningkatkan kinerja kampanye iklan facebook
Dengan membuat kampanye dan meningkatkan kinerja iklan Facebook, adalah peluang yang sangat menguntung bagi bisnis Anda.

Dengan hampir 2,5 miliar pengguna aktif, iklan Facebook adalah cara yang pasti untuk menjangkau audiens target Anda, tidak peduli fokus industri Anda. Saat membuat rencana pemasaran yang komprehensif, penting bagi Anda untuk mengetahui dan mengikuti praktik terbaik untuk kinerja iklan Facebook yang optimal.

Kemungkinannya adalah, jika Anda tidak mengikuti praktik terbaik, iklan yang Anda jalankan tidak akan berkinerja baik — yang berarti Anda bisa kehilangan uang dan klien baru.

Kesalahan Umum Yang Mempengaruhi Kinerja Iklan Facebook

Banyak pemasar berasumsi bahwa iklan Facebook berfungsi seperti jenis iklan lainnya — Anda memiliki produk, Anda memposting iklan, dan Anda langsung mendapatkan penjualan. Salah.

Bukan itu cara kerja iklan di Facebook. Ini adalah platform media sosial, yang berarti pelanggan potensial Anda tidak ingin membeli apa pun ketika mereka masuk.

Pengguna ada di Facebook untuk memposting status tentang betapa menakjubkannya seorang pemain di tim sepak bola favorit mereka atau mendapatkan tawa dari video lucu.

Jika mereka menemukan iklan penjualan, mereka kemungkinan besar akan terus menggulir daripada mengeklik.

Kami tidak menyatakan bahwa iklan Facebook tidak efektif; itulah kebalikan dari apa yang kami katakan di sini. Namun, agar iklan Anda benar-benar sukses, iklan harus dibuat dengan niat dan dioptimalkan dengan mempertimbangkan audiens target Anda.

Pertama, mari kita bahas kesalahan umum - dan mudah dihindari - yang dilakukan beberapa pemasar.

Memilih Tujuan Pemasaran yang Salah di Iklan Facebook

Tanpa menetapkan tujuan yang jelas, Anda tidak dapat mengukur keberhasilan kampanye Anda. Membuat strategi pemasaran dengan corong masuk penuh adalah salah satu praktik terbaik iklan Facebook. Facebook membuat Anda memilih salah satu dari tiga tujuan pemasaran saat Anda membuat iklan.

Kesadaran Tujuan Iklan Facebook

Saat Anda memilih tahap kesadaran, Anda akan dapat menciptakan kesadaran merek atau menjangkau iklan. Ini dikenal sebagai pemasaran atas corong (TOFU) dan mulai menarik pelanggan sehingga Anda dapat mengubahnya menjadi prospek potensial.

Pertimbangan Tujuan Iklan Facebook

Sasaran dari iklan tahap pertimbangan adalah untuk mendorong keterlibatan. Facebook memungkinkan Anda melakukan ini menggunakan lalu lintas, keterlibatan, penginstalan aplikasi, tampilan video, perolehan prospek, atau pesan.

Tahap pertimbangan adalah tempat Anda mendidik audiens target Anda tentang produk dan layanan Anda. Ini dikenal sebagai pemasaran tengah saluran (MOFU).

Konversi Tujuan Iklan Facebook

Tujuan konversi berfokus pada mendorong pengguna untuk mengambil tindakan yang diinginkan. Facebook akan memungkinkan Anda untuk memilih tujuan konversi, kunjungan toko, atau penjualan katalog produk.

Pada tahap konversi, tujuannya adalah untuk membuat audiens target Anda melakukan pembelian. Tahap ini disebut pemasaran saluran terbawah (BOFU).

Menggunakan Jenis Iklan Facebook yang Salah

Anda perlu memahami audiens Anda untuk memilih jenis iklan yang akan memberikan performa iklan Facebook terbaik.

Facebook menawarkan beberapa jenis iklan:

  • Gambar
  • Video
  • Korsel
  • Slideshow
  • Koleksi

Pengalaman Instan

Anda juga dapat menempatkan iklan Anda di ponsel, desktop, atau sidebar kanan.

Penting untuk mengetahui jenis iklan mana yang akan bekerja paling baik untuk memiliki kampanye yang sukses.

Iklan gambar, korsel, dan rangkai salindia serba guna dan dapat berkinerja baik untuk hampir semua jenis perusahaan, baik itu B2B atau B2C. Atau, karena mereka diarahkan untuk menjual barang-barang konsumen, perusahaan e-commerce dan ritel akan melihat lebih banyak kesuksesan daripada perusahaan B2B dengan memanfaatkan iklan video, koleksi, dan pengalaman instan.

Meninggalkan Iklan Facebook

Banyak pemasar membuat iklan yang bagus dan kemudian meninggalkannya selama berminggu-minggu setelah penerapan.

Untuk mengikuti praktik terbaik iklan Facebook, kinerja iklan Facebook harus sering dianalisis untuk mengoptimalkan dan memastikan bahwa kampanye Anda mencapai tujuan yang dimaksudkan.

Faktor yang Harus Diperiksa Setiap Hari untuk Kinerja Iklan Facebook yang Optimal
  • Frekuensi iklan
  • Rasio klik-tayang (RKT)
  • Tingkat konversi
  • Jumlah prospek yang dihasilkan
  • Performa berdasarkan jenis dan penempatan
  • Klik menurut minat

Melalui pantauan iklan, akan terlihat jika Anda perlu melakukan perubahan. Sebagai seorang pemasar, Anda sudah tahu pentingnya data. Data ini akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan produktivitas dan memastikan keberhasilan kampanye Anda.

5 Elemen untuk Kampanye Iklan Facebook dengan Konversi Tinggi

Elemen-elemen kampanye Facebook dengan konversi tinggi akan tetap sama, apa pun jenis bisnis yang Anda iklankan. Jika Anda memasukkan masing-masing elemen ini ke dalam kampanye, Anda pasti akan melihat peningkatan dalam kinerja iklan Facebook Anda.

1. Penawaran

Anda harus yakin bahwa Anda membuat penawaran yang bagus. Jika tawaran Anda buruk, iklan Anda tidak akan bekerja dengan baik. Untuk menawarkan sesuatu yang diminati audiens target Anda, pikirkan tentang bagaimana pasar Anda akan menghargai produk Anda dan pesaingnya.

2. Penargetan Iklan

Pastikan bahwa penargetan Anda spesifik, tetapi tidak terlalu spesifik. Pastikan ukuran audiens Anda tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Misalnya, Anda harus menargetkan jangkauan potensial antara 500.000 dan 5 juta pada iklan tahap kesadaran. Anda dapat tetap selangkah lebih maju dari pesaing Anda dengan memikirkan minat yang tidak akan mereka targetkan.

3. Teks Iklan

Jika Anda tidak dapat membuat salinan yang menarik untuk iklan Anda, kemungkinan besar, tawaran Anda tidak cukup baik. Anda harus memikirkan proposisi nilai Anda dan mencoba teks iklan yang berbeda untuk melihat bagaimana audiens target Anda merespons.

4. Materi Iklan

Pastikan materi iklan Anda menarik dan secara visual sejalan dengan pedoman merek perusahaan Anda. Jika seseorang menemukan iklan Anda dan langsung dapat melihat bahwa iklan tersebut milik perusahaan Anda, berarti Anda telah melakukan pekerjaan yang hebat dengan materi iklan Anda.

5. Ad Scent

Artinya, apa yang dikatakan iklan Anda konsisten dengan halaman landing yang Anda kirimi pemirsa. Jika teks iklan Anda tidak menyampaikan pesan yang sama seperti halaman arahan Anda, Anda akan menemukan bahwa tingkat konversi Anda rendah. Misalnya, jika iklan Anda mempromosikan layanan pelatihan anjing, Anda tidak ingin mengirim pengguna ke halaman arahan untuk membeli suguhan anjing terbaik.

11 Cara Meningkatkan Iklan Facebook Anda

Semuanya selalu dapat ditingkatkan, dan iklan Facebook Anda juga demikian. Teruskan membaca untuk menemukan bagaimana Anda dapat membuat iklan Anda lebih baik dari sebelumnya dan mencapai tujuan pemasaran Anda.

1. Lakukan Tes Konversi

Pengujian konversi memungkinkan Anda mengubah berbagai variabel iklan Anda — seperti materi iklan, pemirsa, atau penempatan — untuk melihat apa yang berkinerja terbaik. Metode ini dapat menguntungkan kampanye yang Anda uji, tetapi temuan Anda juga dapat membantu meningkatkan pembuatan kampanye di masa mendatang.

Setelah Anda memutuskan variabel yang ingin Anda uji, anggaran Anda secara otomatis dibagi antara dua variasi dan keterpaparan dari setiap iklan akan dibagi sama rata.

Pengujian A / B terhadap iklan Facebook Anda disarankan saat Anda mencoba mengukur perubahan pada iklan Anda. Ini adalah alat untuk menguji strategi baru daripada pengujian informal, yang memerlukan pengaktifan dan penonaktifan kumpulan iklan atau kampanye Anda secara manual.

2. Targetkan Audiens Anda

Ingat persona pembeli Anda selama setiap langkah proses pembuatan iklan. Ingatlah bahwa ini melampaui demografi audiens Anda. Pikirkan tentang niat dan minat mereka.

Ada tiga jenis audiens yang dapat Anda gunakan dengan beriklan di Facebook: dingin, hangat, dan panas. Pemirsa dingin terdiri dari semua pengguna di Facebook dan dapat dipersempit dengan penargetan terperinci. Audiens yang hangat bisa jadi pengguna yang terhubung ke halaman Anda atau audiens kustom . Pemirsa panas terdiri dari pengguna yang mengetahui bisnis Anda dan mereka yang telah secara khusus mengunjungi situs web Anda.

Saat menargetkan audiens yang berbeda atau persona pembeli, pastikan untuk membuat kampanye terpisah untuk masing-masing.

3. Uji Beberapa Desain Iklan

Sama seperti menguji beberapa variasi salinan, Anda harus menguji beberapa desain. Perilaku konsumen dan platform iklan Facebook terus berubah, jadi Anda harus menyesuaikannya.

Saat membuat iklan, buat setidaknya tiga variasi desain yang berbeda dan ujilah. Pemirsa yang berbeda akan merespons secara berbeda terhadap iklan Anda, dan tahap dimana pengguna Anda berada dalam saluran penjualan Anda juga akan sangat mempengaruhi bagaimana mereka bereaksi terhadap iklan Anda. Anda tidak akan tahu bagaimana tanggapan pengguna terhadap iklan Anda sampai Anda mencobanya.

4. Uji Berbagai Panjang Teks Iklan

Kesalahpahaman umum bahwa iklan dengan teks pendek berperforma lebih baik daripada iklan dengan teks panjang. Ini adalah kesalahpahaman yang lebih besar bahwa kiriman apa pun di Facebook berkinerja lebih baik jika salinannya lebih pendek.

Panjang salinan Anda akan sangat bergantung pada produk dan persona pembeli Anda. Anda perlu mengingat siapa yang Anda tulis saat membuat salinan iklan Facebook Anda. Tanyakan pada diri Anda, "Apakah pesan pemasaran ini akan diterima oleh audiens saya?"
  • Sangat penting bagi Anda untuk menguji durasi yang berbeda untuk membantu menentukan apa yang paling disukai oleh audiens Anda.
  • Sebaiknya buat iklan percobaan dengan salinan panjang, sedang, dan pendek. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui preferensi audiens Anda dan meningkatkan kinerja iklan Facebook Anda.

5. Pilih Gambar Iklan Yang Menonjol

Umpan Berita Facebook dikemas dengan iklan yang bersaing untuk mendapatkan perhatian audiens Anda. Itulah mengapa Anda perlu menggunakan gambar yang menonjol untuk kinerja iklan Facebook yang optimal. Materi iklan yang tepat dapat menjadi pembeda antara pengguna yang mengklik untuk melakukan pembelian dan menggulir ke masa lalu.

Ingatlah bahwa gambar Anda tidak harus rumit untuk menarik perhatian calon pembeli — cukup pastikan gambarnya segar dan rapi.

6. Mengatasi Logika dan Emosi

Emosi pembeli potensial Anda banyak berhubungan dengan pembelian mereka, dan sisi logis mereka mungkin mengatakan mereka untuk menahan diri. Tugas Anda adalah menyampaikan fitur dan manfaat produk atau layanan Anda sehingga Anda dapat menarik sisi logis dan emosional mereka dan meningkatkan kemungkinan konversi.

Fitur akan menjelaskan apa yang membedakan produk atau layanan Anda dari yang lain dan membuatnya unik. Manfaat akan merinci apa yang membuat fitur tersebut bermanfaat bagi konsumen Anda.

7. Pertimbangkan Psikologi Warna

Jika Anda tidak memanfaatkan dampak psikologis dari warna yang berbeda, Anda kehilangan kesempatan kreatif yang penting untuk meningkatkan kinerja iklan Facebook Anda. Tidak mengherankan jika warna membangkitkan emosi.

Ringkasan Singkat dari Emosi yang Ditimbulkan Setiap Warna
  • Merah.
    Meskipun merah menandakan bahaya, merah dapat digunakan dalam kampanye yang bermaksud membangkitkan emosi yang kuat.
  • Oranye.
    Ini adalah warna dinamis dan energik yang tidak dianggap berbahaya seperti merah. Ini bersifat hidup dan dapat digunakan dengan sukses bila Anda ingin iklan menonjol.
  • Kuning.
    Cerah dan penuh energi, kuning menandakan kegembiraan, kecerdasan, energi, dan kebahagiaan. Kuning yang lebih gelap (berbatasan dengan emas) dapat memberikan perasaan sejahtera dan aman.
  • Hijau.
    Terkait erat dengan alam dan lingkungan di benak sebagian besar konsumen, hijau juga dikaitkan dengan keandalan, keamanan, stabilitas, kejujuran, dan kesegaran.
  • Biru.
    Biru memicu kepercayaan pada pemirsa. Ini bisa serius tetapi juga menunjukkan kecerdasan, kesetiaan, ketenangan, dan kekuatan.
  • Ungu.
    Menggabungkan stabilitas biru dan energi merah, ungu dikaitkan dengan kemewahan, royalti, mimpi, misteri, dan keanggunan. Ini merangsang pemecahan masalah dan kreativitas.
  • Hitam, Abu-abu, dan Putih.
    Netral menggambarkan tradisionalisme, konservatisme, dan netralitas, yang dapat digunakan dengan sangat efektif dalam periklanan.

8. Optimalkan Iklan Facebook untuk Seluler

Mengoptimalkan iklan Anda untuk seluler sangat penting jika Anda mencoba meningkatkan kinerja iklan Facebook Anda. Lebih dari 94 persen pendapatan iklan platform berasal dari seluler. Sebenarnya, perilaku berbeda saat menggunakan perangkat seluler — awalnya, rentang perhatian lebih pendek. Salah satu cara terbaik untuk menenangkan rentang perhatian yang pendek ini adalah dengan segera membuat iklan video yang menampilkan informasi merek dan pesan utama Anda.

9. Tambahkan Bukti Sosial

Salah satu alasan utama seseorang terhalang untuk membeli adalah rasa takut. Pelanggan potensial Anda takut kehilangan uang. Ini juga dikenal sebagai penghindaran kerugian, kecenderungan seseorang untuk lebih memilih menghindari kerugian daripada memperoleh keuntungan yang setara. Inilah sebabnya mengapa penawaran seperti pengiriman gratis, diskon, dan pengembalian gratis efektif.

Daripada memberikan penawaran, Anda dapat menambahkan bukti sosial ke desain atau salinan iklan Anda. Ini menunjukkan kepada pembeli potensial Anda bahwa konsumen lain seperti mereka telah menggunakan produk atau layanan Anda, dan itu berhasil untuk mereka. Ini tidak hanya akan menghibur pembeli Anda tetapi juga membuat mereka bersemangat tentang apa yang ditawarkan bisnis Anda.

10. Ciptakan Rasa Mendesak

Menciptakan rasa urgensi juga mengikuti prinsip penghilangan kerugian; tidak ada yang mau ketinggalan kesepakatan karena mereka terlambat. Menciptakan urgensi pada audiens Anda dapat mencakup menawarkan kesepakatan yang terlalu bagus untuk dilewatkan atau menggunakan frasa yang membangkitkan tindakan seperti "cepat", "untuk waktu terbatas", dan "kesempatan terakhir!"

11. Menyewa Agen Pemasaran

Tip terakhir kami untuk meningkatkan kinerja iklan Facebook Anda adalah dengan menyewa agen pemasaran. Facebook terus berubah, dan mengikuti kebijakan serta fitur yang terus berkembang dapat memakan waktu. Masuk akal untuk menyerahkannya kepada seseorang yang secara konstan dapat memonitor perubahan ini dan menyesuaikan strategi perusahaan Anda.

Seorang ahli berpengalaman dapat menyesuaikan strategi Anda berdasarkan analitik yang melampaui apa yang ditampilkan Facebook. Selain meningkatkan strategi periklanan Anda, menyewa biro iklan dapat menghemat uang Anda, dan Anda bahkan dapat memperoleh lebih banyak manfaat dari biro iklan daripada yang Anda dapatkan dari karyawan yang digaji.

Bawa Iklan Facebook Anda ke Tingkat Berikutnya

Sekarang Anda tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan iklan Anda dan memenuhi sasaran kinerja iklan Facebook Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, kami akan dengan senang hati membantu. Anda mungkin merasa kewalahan dengan semua perbaikan potensial ini dan mempertanyakan dari mana harus memulai.

Jika Anda tidak yakin apakah bermitra dengan agensi pemasaran digital akan menjadi keputusan terbaik untuk perusahaan Anda, pertimbangkan untuk menjadwalkan sesi strategi gratis dengan salah satu spesialis hasil bisnis kami.

Sampai disini, tentu Anda sudah paham cara meningkatkan kinerja kampanye iklan Facebook. Jika Anda punya bisnis online ataupun bisnis lokal, Facebook adalah pilihan yang tidak salah untuk membuat kampanye bisnis Anda. Selamat mencoba.